STUDI REKRUITMEN KARANG DI PULAU PANJANG, JEPARA

ABSTRAK

Lely Fika Anggraini. K2D002273. Studi Rekruitmen Karang di Pulau Panjang, Jepara. (Pembimbing: Munasik dan Diah Permata Wijayanti)

Pulau Panjang memiliki kondisi perairan yang berbeda di sisi utara dan selatan pulau tersebut, dimana sisi utara memiliki gelombang yang lebih besar dan perairan yang lebih keruh daripada sisi selatan. Kondisi terumbu karang di pulau tersebut saat ini cenderung mengalami penurunan. Salah satu upaya untuk memperbaiki ekosistem terumbu karang di P. Panjang adalah dengan proses rekruitmen karang. Rekruitmen karang di ketahui dengan mengigunakan substrat buatan yaitu roster, sebagai media penempelan bagi planula karang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rekruitmen karang berdasarkan kelimpahan famili dan densitas juvenil karang antar lokasi (utara dan selatan), antar posisi terumbu (back reef dan fore reef) dan antar sisi (vertikal, diagonal dan horisontal) roster di Pulau Panjang.

Penelitian ini merupakan eksperimental lapangan dan dilaksanakan selama kurun waktu April-Oktober 2006 di perairan P. Panjang, Jepara. Sebanyak 30 unit substrat roster disebar di sisi utara dan selatan P. Panjang, masing-masing 5 unit di selatan back reef, 5 unit di selatan fore reef, 5 unit di utara back reef dan 5 unit di utara fore reef. Peletakan kedua di bulan Agustus ditambahkan 5 unit di selatan back reef (baru) dan 5 unit di utara back reef (baru). Seluruh roster diamati berkala setiap bulan, setelah 6 bulan, substrat roster diangkat, dibilas dengan air tawar dan direndam dengan larutan Chlorine 10% untuk diputihkan, kemudian juvenil karang yang menempel pada roster dihitung dan diidentifikasi hingga tingkat famili.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima famili juvenil karang yang menempel; Pocilloporidae, Poritidae, Faviidae, Oculinidae, Acroporidae serta 1 golongan yang tidak dapat diidentifikasi dikelompokkan ke dalam Taksa Lainnya. Terdapat perbedaan kelimpahan famili karang secara signifikan antar sisi substrat roster. Kisaran kelimpahan famili terbanyak terdapat pada sisi diagonal yaitu sebanyak 3-5 famili/roster, sedangkan sisi horisontal memiliki kisaran kelimpahan famili terendah dengan 1-2 famili/roster. Famili dengan kelimpahan tertinggi adalah Pocilloporidae (13,34 %), sedangkan Acroporidae memiliki kelimpahan terendah (0,13 %). Densitas juvenil karang ditemukan berdeda secara signifikan antar lokasi, posisi terumbu dan sisi substrat roster. Rerata densitas juvenil karang tertinggi terdapat di posisi selatan back reef (1533 juvenil/m2) sedangkan rerata densitas terendah terdapat di posisi utara back reef (baru) dengan 13 juvenil/m2. Rerata densitas juvenil karang tertinggi pada substrat roster, ditemukan pada sisi diagonal (1341 juvenil/m2), sedangkan rerata densitas terendah terdapat di sisi horisontal roster dengan kelimpahan 41 juvenil/m2. Hal ini menunjukkan bahwa substrat buatan berupa roster dapat digunakan sebagai upaya untuk memperbaiki kondisi terumbu karang di P. Panjang

Kata Kunci: Rekruitmen, juvenil karang, substrat roster, dan Pulau Panjang.

Cp : Lely Fika Anggraini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: