STUDI HISTOLOGI REPRODUKSI PADA KARANG (Pocillopora damicornis) HIJAU DAN COKELAT DI PULAU PANJANG, JEPARA, JAWA TENGAH

RINGKASAN

Mochammad Yenny (K2D 002 279). Reproduktivitas karang Pocillopora damicornis di Pulau Panjang, Jepara. (Pembimbing: Munasik dan Diah Permata Wijayanti).

Karang Pocillopora damicornis merupakan salah satu karang yang terdapat melimpah di P. Panjang, terutama di sisi utara dan selatan pulau. Studi mengenai karakteristik reproduksi seksual karang P. damicornis telah dilakukan oleh beberapa peneliti, namun belum ada informasi mengenai reproduktivitas karang (meliputi persentase polip karang yang bereproduksi, produksi gonad dan gamet). Informasi mengenai reproduktivitas dapat memberikan tambahan masukan untuk usaha pemulihan populasi karang ini.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui reproduktivitas karang P. damicornis meliputi persentase polip karang yang bereproduksi, produksi gonad dan gamet betina. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 9 Januari 2005 hingga 1 Desember 2006. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan di sisi utara dan selatan P. Panjang setiap satu bulan sekali sepanjang tahun 2005 berdasarkan periode lunar. Bulan April-Mei dan Agustus-September, pengambilan sampel dilakukan setiap satu minggu sekali (mewakili empat fase lunar). Pembuatan dan pengamatan preparat histologi dilakukan di Laboratorium Terpadu Kampus Ilmu Kelautan UNDIP Tembalang dan di Balai Besar Veteriner Wates Jogjakarta. Pengamatan terhadap preparat histologi jaringan karang P. damicornis dilakukan dengan menggunakan mikroskop cahaya.

Hasil pengamatan preparat histologi menunjukan bahwa setiap bulannya, lebih
dari 50% polip karang P. damicornis bersifat produktif (mengandung baik gonad ataupun planula). Secara umum, produksi gonad (berdasarkan nilai rerata indeks gonad) dan produksi gamet betina (berdasarkan nilai rerata jumlah gamet/polip) karang ini juga memperlihatkan penurunan produksi setelah bulan purnama hingga bulan baru. Selain itu, produksi terbesar gonad dan gamet betina secara umum terdapat pada bulan Agustus. Produksi terbesar gonad pada saat bulan baru sebesar 5,1 gonad/polip, pada kuarter pertama sebesar 3,7 gonad/polip, dan pada bulan purnama sebesar 4,7 gonad/polip serta pada kuarter ketiga sebesar 2,2 gonad/polip. Produksi terbesar gamet betina pada saat bulan baru sebesar 7,5 gamet/polip, pada kuarter pertama sebesar 2,6 gamet/polip dan pada bulan purnama sebesar 5,5 gamet/polip serta pada kuarter ketiga sebesar 4,9 gamet/polip.

Kata kunci: reproduktivitas, gonad, gamet betina, planula, Pocillopora damicornis, Pulau Panjang

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: