Studi Gametogenesis Acropora gomezi di Pulau Sambangan, Kepulauan Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah

Studi Gametogenesis Acropora gomezi di Pulau Sambangan, Kepulauan Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah

Andrianus Sembiring*, Diah Permata Wijayanti, Munasik
Jurusan Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
Universitas Diponegoro Semarang

Ringkasan:

Informasi mengenai reproduksi karang di Indonesia terbilang masih kurang, dipihak lain studi mengenai reproduksi karang dapat digunakan sebagai dasar untuk prediksi rekruitmen populasi karang. Karang A. gomezi merupakan suatu spesies karang yang melimpah di P. Sambangan Kep. Karimunjawa. Studi mengenai  gametogenesis A. gomezi adalah pertama kali dilakukan di Indonesia.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui siklus gametogenesis dan karakteristik reproduksi A. gomezi  di P. Sambangan Kep. Karimunjawa, Jepara, yang harapannya dapat memberikan informasi mengenai data reproduksi karang di Indonesia khususnya A. gomezi untuk pendugaan pola reproduksi dan rekruitmen.

Penelitian ini menggunakan analisa deskriptif yang bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai  gametogenesis A. gomezi. Pengambilan sampel dilakukan mulai Bulan Juni 2008-Maret 2009 di tiga stasiun yang berbeda. Pembuatan dan pengamatan preparat histologi dilakukan di Laboratorium Terpadu Kampus Ilmu Kelautan UNDIP Tembalang dan di Balai Besar Veteriner Wates Yogjakarta. Persentase kemunculan gamet jantan dan betina dihitung dengan cara pengamatan mikroskopis untuk mengetahui siklus gametogenesisnya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa karang A. gomezi adalah hermaphrodite protogynous. Oosit dan Testis ditemukan dalam satu polip dengan waktu kemunculan yang berbeda, Oosit ditemukan lebih awal daripada Testis. Oosit setadium I detemukan paling banyak pada bulan Juni selanjutnya Oosit stadium II paling banyak ditemukan pada bulan Juli. Oosit stadium III paling banyak di bulan Desember sedangkan Oosit setadium IV melimpah pada bulan Maret tahun berikutnya. Pada bulan Maret Testis ditemukan pertama kali dan persentase spermatosit stadium IV paling banyak ditemukan.

Kematangan gonad pada karang A. gomezi terjadi sekali dalam satu tahun. Pembentukan Oosit dimulai kuarter awal sampai bulan baru dan matang pada periode akhir kuarter awal sampai bulan purnama bulan Maret. Sedangkan pembentukan Testis dimulai kuarter awal dan matang pada bulan purnama atau akhir kuartel awal pada bulan Maret.

Kata Kunci : Gametogenesis , Gonad Jantan, Gamet Betina, Histologi, Acropora  gomezi.

Contact Person:
Andrianus Sembiring
e-mail: andre_kelautan05@yahoo.com
Download full text pdf:
Gametogenesis Acropora gomezi di P.Sambangan_Andrianus s

—————————————————————————————————————————————————–





Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: