STRUKTUR KOMUNITAS IKAN KARANG DI PERAIRAN PROVINSI NANGGROE ACEH DARUSSALAM BAGIAN BARAT DAN TIMUR

RINGKASAN

DWI ARIYOGAGAUTAMA. K2D 002 244. Struktur Komunitas Ikan Karang di Perairan Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam Bagian Barat dan Timur (Munasik
dan Sri Rejeki).

Perbedaan kondisi perairan pada Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) bagian barat dan timur merupakan salah satu faktor yang mempengaruhiperbedaan struktur komunitas ikan karang dikedua perairan tersebut. Kondisi perairan seperti arus, gelombang serta kondisi terumbu karang yang terdapat dikedua perairan tersebut merupakan faktor lingkungan yang memberi pengaruh terhadap struktur komunitasnya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur komunitas ikan karang di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam pada bagian barat dan timur berdasarkan komposisi jenis, kelimpahan dan keanekaragamannya, yang pengambilan data
dilakukan pada tanggal 8 -16 Maret 2006.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survei. Sedangkan untuk pengambilan data, metode yang digunakan adalah transek sabuk (belt transect) yaitu dengan membentangkan roll meter sepanjang 30 meter dengan garis imajiner sepanjang 2.5 meter ke kiri dan ke kanan dan pendataan ikan karang dilakukan dengan menggunakan metode visual census. Data yang diambil berupa jumlah spesies dan kelimpahan, sehingga dapat diketahui keanekaragaman jenis ikan karang didaerah tersebut.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan komposisi maupun kelimpahan ikan karang di perairan barat dan timur Provinsi NAD, begitu pula yang ditemukan pada indeks-indeks ekologinya yaitu Indeks Keanekaragaman Jenis, Indeks Dominasi, dan Indeks Keseragaman yang kemudian dibandingkan kedekatan struktur komunitas antara lokasinya dengan menggunakan Indeks Kesamaan. Kelimpahan rata-rata ikan karang tertinggi ditemukan pada perairan bagian barat sebanyak 741 ekor dengan komposisi ikan karang yang tersusun atas 123 spesies dan 23 famili, sedangkan pada bagian timur memiliki kelimpahan rata-rata sebanyak 319,67 ekor yang tersusun atas 86 spesies dan 23 famili. Indeks keanekaragaman jenis (H’) pada perairan bagian timur adalah berkisar 2,5744-2,9921, sedangkan pada bagian barat berkisar 2,3982-3,1761. Nilai indeks dominasi pada bagian timur berkisar 0,0800-0,1485 sedangkan bagian barat berkisar 0,0979-0,1850. Keseragaman jenis ikan karang pada bagian timur berkisar 0,7027-0,8005 dan bagian barat berkisar 0,5822-0,8650. Kedekatan struktur komunitas antar lokasinya yang tertinggi adalah pada Gosong Karang Masjid dengan Gosong Karang Dua Puncak sebesar 51,47% untuk perairan bagian barat dan. Karang Brouk Bungkaih dengan Karang Teupa sebesar 29,63% untuk bagian timurnya.

Kata kunci : Struktur komunitas, ikan karang, perairan Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Cp : DWI ARIYOGAGAUTAMA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: