Produk & Jasa

Marine Diving Club sebagai sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berbasis pada kegiatan selam ilmiah merupakan wadah bagi mahasiswa dalam menyalurkan kreativitasnya. Mahasiswa terutama dari jurusan Ilmu Kelautan UNDIP merupakan tulang punggung bagi eksistensi organisasi. Kegiatan yang dilaksanakan di MDC mutlak mendukung kegiatan perkuliahan yang dilakukan di kampus. Sisi ilmiah dari MDC yang senantiasa mengedepankan ekologi terumbu karang dalam fokus kegiatannya mengharuskan setiap anggota MDC memiliki kemampuan dalam melakukan pendataan terumbu karang maupun komunitas lain yang berhubungan misalnya ikan karang. Kemampuan tersebut yang menjadi identitas dan jati diri MDC.
Aplikasi dari kemampuan pendataan tersebut bisa terlihat dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan seperti ekspedisi Corallium, Reef Check dan Coral Bleaching Monitoring. Selain pendataan, kemampuan olah data dan analisa juga menyertai setiap anggota guna mempertanggungjawabkan data yang telah diambil dan menarik kesimpulan dari hasil yang telah dicapai untuk kemudian disumbangkan kepada pihak yang membutuhkan. Berbekal kemampuan tersebut, selama ini Marine Diving Club sering bekerjasama dengan beberapa instansi pemerintah, institusi pendidikan (baik dalam maupun luar negeri), maupun Diving Club yang lain untuk melakukan kegiatan yang bersifat ilmiah dan berhubungan dengan konservasi lingkungan.
Selain itu, dalam memasyarakatkan kegiatan selam, MDC senantiasa menghasilkan merchandise yang terkait dengan selam. Semisal stiker, kaos, gantungan kunci, dan pamflet. MDC juga memfasilitasi kegiatan yang bersifat memajukan kegiatan selam, misalnya sertifikasi, pelatihan renang dan selam serta penyediaan informasi mengenai lokasi penyelaman yang ada khususnya dipulau Jawa dan beberapa tempat lain yang pernah dikunjungi MDC.
Informasi selengkapnya silakan menghubungi sekretariat MDC.

Setiap anggota MDC selalu dibekali beberapa ilmu dan soft skill melalui pelatihan dan diklat yang diinisiasi oleh Bidang Diklat bekerja sama dengan bidang-bidang lainnya, antara lain:

  1. Diklat Identifikasi dan Pendataan Karang

  2. Diklat Identifikasi dan Pendataan Ikan Karang

  3. Diklat Web & Graphic Design

  4. Diklat Fotografi

  5. Diklat Peralatan Selam

  6. Latihan Dasar Kepemimpinan

  7. Achievement and Motivation Training

  8. Diklat GIS (sedang diusahakan)

Advertisements
%d bloggers like this: