BIOPROSPEKSI BAKTERI SIMBION PADA TUNIKATA Didemnum molle DARI PERAIRAN PULAU SAMBANGAN KARIMUNJAWA JEPARA

RINGKASAN

MIFTAHUDDIN MAJID KHOERI. K2D 004 254. Bioprospeksi Bakteri Simbion Pada Tunikata Didemnum molle dari Perairan Pulau Sambangan Karimunjawa Jepara (Ocky Karna Radjasa dan Agus Sabdono)

Terumbu karang merupakan ekosistem yang produktif dengan keanekaragaman tinggi di laut dan telah menjadi target bagi pencarian sumber senyawa bioaktif yang bermanfaat dalam dunia farmasi. Akan tetapi, masalah serius dalam pengembangan senyawa bioaktif dari invertebrata laut tersebut adalah masalah suplai, karena untuk mendapatkan sejumlah relatif kecil senyawa aktif diperlukan sejumlah besar organisme laut. Tunikata merupakan invertebrata di ekosistem terumbu karang yang banyak menghasilkan senyawa bioaktif untuk farmakologi seperti, antibakteri, antitumor dan antikanker. Dilaporkan bahwa bakteri yang bersimbiosis dengan invertebrata karang dapat mensintesis senyawa yang sama dengan inangnya. Resistensi bakteri patogen terhadap antibiotik telah menjadi masalah di dunia kesehatan.

Tujuan penelitian ini adalah mengisolasi dan mengidentifikasi mikroba yang mempunyai senyawa anti bakteri dari hasil metabolit sekundernya secara molekuler berbasis PCR 16S rDNA dan mendeteksi keberadaan gen PKS dan NRPS yang bertanggungjawab dalam mengkode serangkaian enzim penghasil metabolit sekunder dari bakteri yang berasosiasi dengan Tunikata Didemnum
molle.

Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan September 2007 – September 2008. Isolasi bakteri dan uji aktivitas antibakteri dilakukan di Laboratorium Terpadu Ilmu Kelautan Tembalang dan studi molekuler bakteri dilakukan di Laboratorium CMRS (Center for Marine Resources Study) Semarang. Sekuensing dilakukan di Laboratorium Rekayasa Genetika, Balai Bioteknologi BPPT, Serpong. Sampel Tunikata diambil dari Perairan Pulau Sambangan, Karimunjawa, Jepara. Metode yang digunakan adalah eksperimental laboratoris.

Hasil dari penelitian ini diperoleh lima belas isolat bakteri yang bersimbiosis dengan Tunikata Didemnum molle dan hanya satu bakteri yang menunjukkan aktivitas antibakteri terhadap bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus sp. Hasil identifikasi molekuler memperlihatkan bahwa bakteri TS2A5 dan memiliki homologi sebesar 99 % dengan Virgibacillus marismortui strain GSP17 16S ribosomal RNA gene. Hasil amplifikasi fragmen gen PKS dan NRPS memperlihatkan bahwa bakteri tersebut hanya memiliki fragmen gen NRPS.

Kata kunci : Tunikata, PCR 16S rDNA, Gen NRPS dan PKS, Antibakteri, Didemnum molle, Escherichia coli, Staphylococcus sp.

Cp : MIFTAHUDDIN MAJID KHOERI

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: