Posted by: Marine Diving Club | March 31, 2012

MDC Ilmu Kelautan UNDIP Sukses adakan kegiatan Sertifikasi Selam CMAS-POSSI A1, A2, dan Spesialisasi

Kegiatan sertifikasi selam CMAS A1, A2, dan A2 Spesialisasi dilaksanakan pada tanggal 20 – 27 Maret 2012 di dua tempat yang berbeda; Semarang dan Kepulauan Karimunjawa. Tidak kurang dari  40 peserta dari berbagai kalangan baik itu Mahasiswa maupun Masyarakat Umum ikut serta dalam kegiatan sertifikasi selam ini yang datang dari berbagai daerah, terutama dari Tuban Jatim, Palu Sulteng dan Sumbawa NTB.

Kegiatan pertama dilakukan pada tanggal 20 Maret 2012 di PKM Kampus Tembalang, Semarang yakni pembukaan kegiatan sekaligus pemberian materi Pendidikan Akademis Penyelaman (PAP) yang disampaikan oleh Instruktur dari POSSI Kota Semarang. Pada kegiatan PAP inilah peserta diberi dasar-dasar teori penyelaman mulai dari peralatan penyelaman, aspek medis penyelaman, lingkungan penyelaman, sampai pada manajeman dan perencanaan kegiatan penyelaman.  Bapak Sutopo, selaku Instruktur menyampaikan harapannya setelah mengikuti kegiatan PAP peserta mampu memahami materi yang telah disampaikan, kemudian mampu dipraktekan pada rangkaian kegiatan sertifikasi lainnnya.

Kegiatan selanjutnya adalah Latihan Keterampilan Kolam (LKK) yang dilaksanakan pada tanggal 21 – 23 Maret 2012 di Kolam Watugong, Kodam Diponegoro Semarang. Pada kegiatan ini peserta diberi materi sekaligus peraktek mengenai dasar-dasar persiapan penyelaman dan teknis-teknis penyelaman. Ada sebagian peserta yang masih takut tenggelam dalam melakukan peraktek penyelaman. Namun dengan pendampingan ekstra yang diberikan oleh Instruktur perlahan banyak peserta yang sudah terbiasa bahkan ketagihan untuk melakukan peraktek penyelaman di Kolam.

Setelah dua kegiatan dilalui PAP dan LKK Peserta selanjutnya mengikuti kegiatan Latihan Perairan Terbuka (LPT) yang dilaksanakan pada tanggal 24 – 27 Maret 2012 di Kepulauan Karimunjawa. Hari pertama pelaksanaan LPT ini dilaksanakan di Pelabuhan Perintis Pulau Karimun Peserta diberikan kesempatan untuk memperaktekan seluruh materi penyelaman yang telah diberikan pada kegiatan sebelumnya seperti  Buddy Breathing, Netral Bouyancy, Recovery, Knee Foot, dan Fin Foot.

Kemudian di hari berikutnya setelah peserta terbiasa dan nyaman dalam melakukan penyelaman di perairan terbuka peserta diajak untuk mencoba menyelam di site penyelaman P. Cemara Besar, Tanjung Gelam, dan P. Menjangan Kecil serta mengunjungi penangkaran Ikan Hiu di P. Menjangan Besar. Banyak peserta yang tidak rela kehilangan momen untuk melihat keindahan Keanekaragaman ekosistem terumbu karang sekaligus mengabadikannya dalam bentuk foto maupun video bawah air.  Malam harinya kegiatan LPT ini ditutup dengan acara api unggun sekaligus makan bersama sambil menikmati suasana pantai P. Karimun. Sambil menikmati suasan api unggun dan gemuruh ombak peserta satu persatu memberikan tanggapan dan kesan terhadap keikutsertaan mereka pada sertifikasi selam MDC 2012.

Kami, seluruh keluarga besar MDC dan Panitia Sertifikasi mengucapkan terimakasih kepada Instruktur, Peserta, dan semua pihak yang telah bersama-sama mensukseskan kegiatan ini. Semoga dengan kegiatan sertifikasi ini mampu memberikan manfaat terutama dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan. Sampai jumpa di kegiatan-kegiatan MDC Selanjutnya.

Waspada Dira Anuraga.

Advertisements

Responses

  1. Semoga MDC terus berkiprah bagi selam dan konservasi di Indonesia.

    Salam

    =======================================================
    Lihat Foto-foto Bawah Air

  2. Taun ini (2013) ngadain lg gak y, kpingingin ikutan


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: