Posted by: Marine Diving Club | March 20, 2012

MDC Ikuti Jambore III FoPMI di Makassar-Pulau Kapoposang

9-12 Maret 2012, Acara  tahunan yang di adakan oleh Forum Penyelam Indonesia (FoPMI) kali ini bertempat di Makassar dan pulau Kapoposang.  Marine Diving Club mendelegasikan 3 anggotanya, yaitu Kastiyan Yudha Pratama (MDC 17) Destio Dwi Putra (MDC 17) dan Aulia Akbar (MDC 18). Delegasi dari MDC berangkat dari semarang tanggal 7 maret pukul 19.00 menuju Surabaya Terlebih dahulu. Setibanya di Surabaya Tim dari MDC bertemu dengan tim UKSA-387 UNDIP, Unit Selam UGM, dan Mapala UI, kebetulan penerbangan ke Makassar menggunakan maskapai yang sama.

Setibanya di Makassar Tim dari MDC disambut oleh panitia dan tuan rumah. Acara Jambore III sendiri dibuka di Kampus FIKP Universitas Hassanudin Makassar tanggal 9 Maret 2012 pukul 09.00,  dilanjutkan dengan seminar Underwater Fotografi, sesudah acara tersebut peserta Jambore III FoPMI diberikan kesempatan untuk membeli oleh-oleh dan jalan-jalan berkeliling kota Makassar.

Hari Sabtu tanggal 10 Maret rencananya kami akan melakukan perjalanan ke pulau Samalona dan Kapoposang, tetapi dikarenakan ada keterlambatan keberangkatan Peserta Jambore III FoPMI hanya berangkat ke pulau Kapoposang. Setibanya di Pulau Kapoposang, para peserta langsung melakukan penyelaman di site baru yang belum ada namanya, medan di site tersebut cukup ekstrem, drop off yang cukup ekstrem. Menurut warga setempat kedalamannya mencapai 60 meter dengan kondisi terumbu karang yang kurang baik, terdapat beberapa biota seperti Penyu, Chiellinus Undulatus, dan lain-lain. tetapi sayang, apa yang diceritakan oleh warga setempat  mengenai biota- biota tersebut kami tidak menemukan pada saat melakukan penyelaman.

Keesokan harinya, kami melakukan penyelaman di 2 dive point, yaitu cave point dan turtle point. Malamnya peserta dan panitia makan bersama dengan cara yang cukup unik dengan menghamparkan daun pisang, lalu nasi disajikan bersama ikan bakar dan sambal. Sesudah itu, peserta, panitia serta pengurus FoPMI melakukan ramah tamah dan sesi Tanya jawab.

Kemudian kegiatan di hari selanjutnya adalah perjalanan pulang ke Makasar. Rencana kepulangan sekitar pukul 07.00 dan mampir dulu ke pulau Samalona, tetapi dikarenakan ada badai maka kepulangan diundur menjadi pukul 11.00. Setibanya di Makassar, para peserta dan panitia bahu membahu membereskan peralatan, dan dilanjut dengan penutupan. Kamipun keesokan harinya melakukan perjalanan pulau ke Semarang.

Banyak ilmu dan pengalaman yang kami dapat dengan mengikuti kegiatan ini. Terimakasih kami ucapkan kepada panitia dan rekan-rekan dari Forum Penyelam Indonesia (FoPMI) yang telah bersama-sama mensukseskan acara Jambore FoPMI III. Sampai jumpa di acara-acara selanjutnya.

Waspada Dira Anuraga.

Aulia Akbar MDC 18

Advertisements

Responses

  1. Ikut senang melihat adik mahasiswa sekarang bersatu dalam sebuah kegiatan penyelaman.

    Ke depan lebih serius dibikin dengan mengundang temen2 media supaya bisa dilihat dari seluruh tanah air.

    Jangan lupa foto2 dan dokumentasi juga bisa di share dong..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: