Posted by: Marine Diving Club | December 27, 2011

Sosialisasi Lingkungan dan International Coastal Cleanup pada EC-XIII

Pelaksanaan kegiatan Ekspedisi Corallium XIII (EC-XIII) disamping kegiatan pendataan ekosistem terumbu karang, kegiatan tambahan lainnya adalah sosialisasi kelestarian lingkungan kepada siswa sekolah dasar dan kegiatan bersih pantai/ Coastal Cleanup  yang dilaksanakan pada tanggal 16 Desember 2011.

Kegiatan sosialisasi lingkungan dilaksanakan di SDN 1 Karimunjawa dan SDN 2 Karimunjawa. Materi yang ringan dan mudah dicerna oleh siswa sekolah dasar ini adalah mengenai pentingnya terumbu karang bagi kehidupan manusia, sampah di sekitar kita beserta penanggualngannya, kemudian diakhir acara adalah penyerahan majalah anak-anak mengenai terumbu karang kepada siswa dan perpustakaan sekolah.

Antusias siswa dari masing-masing SDN 1 dan 2 Karimunjawa terlihat ketika menyimak materi yang penuh dengan gambar-gambar keindahan terumbu karang, tidak sedikit pula dari siswa kedua sekolah ini bersemangat untuk bertanya ataupun menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh presentator.

Setelah acara sosialisai di SDN 1 dan 2 Karimunjawa selesai, dilanjutkan pada siang harinya adalah kegiatan bersih pantai / coastal cleanup. Kegiatan bersih pantai ini dilakukan di pantai dekat alun-alun kantor kecamatan Karimunjawa. Cukup banyak sampah dari berbagai jenis yang ditemukan disekirat pantai ini. Jenis dan jumlah sampah yang ditemukan dikumpulkan sesuai kategori, kemudian dari masing-masing kategori ini dilakukan pencatatan dalam International Coastal Cleanup Data Card.

Hasil dari pada pencatatan ini kemudian akan diserahkan kepada institusi Ocean Conservancy sebagai salah satu bentuk kepedulian panitia EC-XIII terhadap isu kelestarian lingkungan dunia. Yang menarik, pada saat pelaksanaak kegiatan bersih pantai ini, beberapa anak kecil serta sebagian warga setempat tertarik dan ikut serta mengumpulkan sampaih yang ditemukan.

Semoga salah satu bentuk kepedulian akan kelestarian lingkungan ini dapat menginspirasi semua pihak untuk bersama-sama menjaganya demi masa depan anak cucu kita  (Reef for The Children’s Future).

Waspada dira anuraga.

Aida Astuti (Cheilinus 18)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: