Posted by: Marine Diving Club | December 12, 2011

Tepat di Tanggal 12, Bulan 12, 12 Buddy Anggota Muda MDC 18 Laksanakan kegiatan Ekspedisi Corallium XIII.

 

Ekspedisi Corallium (EC) merupakan tahapan akhir Open Recruitments (Oprec) Marine Diving Club (MDC) Jurusan Ilmu Kelautan Undip. Pada tahapan ini semua peserta yang telah selesai mengikuti enam tahapan sebelumnya akan mendapatkan pembelajaran dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengelolaan manajemen kegiatan Penyelaman Ilmiah. berbagai macam persiapan terutama konsep kegiatan yang ada di dalam EC – XIII merupakan hasil kereasi kreatifitas dari masing-masing Anggota Muda MDC 18 yang teraktualisasi dalam tema “Reef For the Children Future”.

Ekspedisi Corallium XII yang diikuti oleh 24 orang Anggota Muda MDC 18 akan dilaksanakan pada Tanggal 12- 17 Desember 2011 di P. Cilek Kepulauan Karimunjawa dengan kegiatan utamanya adalah melakukan pendataan ekosistem terumbu karang dan parameter oseanografi perairan. Pendataan ekosistem terumbu karang dibagi kedalam dua metode pendataan, metode pertama adalah metode Line Intercept Transect (LIT) digunakan untuk melakukan pendataan karang tingakat genus, dan metode yang kedua adalah metode Visual Sensus digunakan untuk melakukan pendataan ikan karang tingkat spesies dan invertebrate. Pendataan ini dilakukan pada 4 sisi P. Cilek (Barat, Utara, Timur, dan Selatan) pada dua kedalaman yang berbeda, 3-5 m untuk mewakili perairan dangkan dan 6 – 10 m untuk mewakili perairan dalam.

Lokasi Pendataan P. Cilek

Disamping kegiatan pendataan, terdapat pula kegiatan tambahan lain diantaranya adalah sosialisasi kepada anak-anak SD tentang pentingnya menjaga lingkungan terutama keberadaan ekosistem terumbu karang di Kepulauan Karimunjawa, penyerahan buku yang bertemakan lingkungan kepada anak-anak SD dan pihak sekolah, Coastal cleanup di sekitar dermaga P. Karimunjawa, serta kegiatan tambahan lainnya yang diharapkan mamapu menyadartahuan semua pihak terhadap pentingnya menjaga lingkungan sebagai warisan yang tidak ternilai bagi anak cucu kita di masa mendatang.

Waspada Dira Anuraga.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: