Posted by: Marine Diving Club | August 3, 2011

Pelaksanaan LPT Oprec MDC XVIII di Tengah – Tengah Terjadinya Degradasi Kondisi Lingkungan P. Panjang, Kabupaten Jepara.

(MDCInfo, 27 Juli 2011), Setelah melalui rentetan panjang Latihan Keterlampilan Kolam ( LKK)  pada tanggal 6 – 9 Juli 2011 kemudian LKK tambahan selama 4 hari dengan target terakhir Fins Swimming sejauh 10 Kilometer dan pemberian materi SCUBA untuk meningkatkan skill para peserta, sebanyak 26 peserta Open Recruitment (Oprec) Bakal Calon MDC XVIII berhasil melewati tahapan Latihan Perairan Terbuka (LPT) yang telah dilaksanakan pada tanggal 22-25 Juli 2011 di Pulau Panjang, Kabupaten Jepara.

Hari pertama pelaksanaan LPT peserta melakukan Fins Swimming dari dermaga Marine Station UNDIP menuju Pulau Panjang yang memiliki jarak tempuh sekitar 6000 M. Selain panjangnya jarak yang ditempuh, arus balik pun menghantui para peserta yang akan menjadi pengalaman lain ketika melakukan penyebrangan ini. Tak perlu khawatir dengan disorientasi para peserta, karena panitia dan beberapa senior MDC menjadi sweeper mendampingi peserta dalam penyebrangan, juga terdapat rubber boat sebagai SAR apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.

Ketika sampai di Pulau Panjang, selain melakukan penyelaman pada titik-titik yang sudah ditentukan, para peserta akan melakukan pendataan karang tingkat Life Form yang sebelumnya telah dilakukan diklat pada saat LKK dan LKK tambahan. Selain itu, pada pelaksanaan LPT Oprec MDC XVIII ada yang berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya dimana pada pelaksanaan LPT kali ini diajarkan materi pengenalan transplantasi karang, hal ini sejalan dengan tujuan MDC, mengingat MDC merupakan club selam yang berbasis scientific diving, tentu kecintaan terhadap lingkungan dengan melakukan pemeliharaan, perbaikan atau recovery pada terumbu karang yang sudah rusak merupakan hal penting yang akan ditanamkan pada para peserta recuitment MDC ini.

Perubahan lingkungan yang terjadi di Pulau Panjang dari hasil survey yang dilakukan oleh panitia sebelumnya ternyata kondisi lingkungan di sekitar Pulau Panjang telah mengalami degradasi (Penurunan ), seperti telah terjadi abrasi, kenaikan permukaan air laut, dan kerusakan terumbu karang yang semakin besar. Hal ini, akan menjadi pertimbangan panitia untuk melakukan rangkaian acara agar tidak menambah tingkat kerusakan dengan mengikutsertakan peserta agar tetap menjaga lingkungan sekitar Pulau Panjang.

Semoga dengan pelaksanaan LPT ini meningkatkan kesadartahuan semua pihak terutama anggota MDC terhadap kondisi lingkungan sekitar Pulau Panjang yang dari tahun ke tahun mengalami penurunan. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan cara menjaga kelestarian dengan kegiatan-kegiatan yang berbwawsan lingkungan serta dengan upaya pemulihan lingkungan.

Waspada Dira Anuraga.

Disusun oleh :

Ranny Ramdhani (Siganus 17)

 

lihat juga di :  http://mdc.undip.ac.id/

Advertisements

Responses

  1. semangat…!! selanjutnya persiapkan dan bekali adik – adik nya untuk coralium… waspada dira anuraga..!!!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: