Posted by: Marine Diving Club | June 25, 2011

SEBANYAK 21 ANGGOTA MDC IKUTI NOBAR MARINEBUDDIES – WWF INDONESIA YANG BEKERJASAMA DENGAN UKSA – 387

(MDCNews, 25 Juni 2011), bertempat di Lantai VI gedung Pasca Sarjana Universitas Diponegoro (Undip) sebanyak 21 anggota Marine Diving Club (MDC) Jurusan Ilmu kelautan Undip antusias mengikuti kegiatan Nonton Bareng (Nobar) yang diselenggarakan oleh Marinebuddies – WWF Indonesia bekerjasama dengan Unit Kegiatan Selam (UKSA) – 387 Universitas Diponegoro . Kegiatan dengan konsep Nobar ini sesunguhnya membahas tentang kekayaan sumberdaya alam di segitiga terumbu karang dunia, proses penangkapan dan pemanfaatan Ikan Laut sebagai bahan makanan , serta pemutaran film domumenter tentang eksploitasi pengambilan sirip Ikan Hiu.

Pada sesi pertama dibahas tentang keberadaan kekayaan sumberdaya alam di Segitiga terumbu karang yang sebagian besar berada di kawasan perairan Indonesia, dijelaskan bahwa penurunan/ kerusakan kondisi ekosistem terumbu kareng akan mengakibatkan menurunnya potensi sumberdaya alam hayati (ikan tangkap) yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan hidangan makanan laut (Seafood).

Sementara pada sesi kedua mejelaskan tentang proses produksi penangkapan ikan sebagai bahan makanan dalam hidangan makanan laut (Seafood) yang semakin lama semakin berkembang tanpa dibarengi dengan kesadaran akan kelestarian/ keberadaan  kekayaan alam (ketersediaan ikan tangkap tersebut). Contoh kasus yang terjadi adalah ketika semakin berkurangnya kerberadaan ikan tangkap di kawasan perairan Indonesia bagian Barat akibat penangkapan ikan yang besar-besaran serta dengan cara-cara yang tidak ramah lingkungan. Kemudian, di akhir sesi ini diberitahukan tentang panduan mengkonsumsi hidangan laut yang ramah lingkungan (Sustainable Seafood) sebagai salah satu upaya dalam pelestarian lingkungan laut.

Sementara pada sesi terakhir diperlihatkan film documenter tentang eksploitasi pemanfaatan sirip Ikan Hiu di Kepulauan Galapagos, Costarica. Pada sesi terakhir ini diperlihatkan mengenai eksploitasi besar-besaran pengambilan sirip ikan Hiu yang bersekala internasional, serta keberhasilan pemerintah dan LSM di bidang lingkungan dalam pencegahan, pengendalian, bahkan penghentian proses eksploitasi pengambilan sirip ikan hiu tersebut.

Semoga dengan mengikuti kegiatan ini mampu meningkatkan kesadartahuan anggota MDC dalam pemanfaatan dan pelestarian lingkungan laut terutama dalam pemanfaatan Sumberdaya alam laut sebagai bahan makanan yang menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang.

Waspada Dira Anuraga

Advertisements

Responses

  1. sedikit koreksi bukan “Marinebuddies – WWF Indonesai” tapi “Marinebuddies – WWF Indonesia” …. kasihan yang mendirikan Negara Indonesia … Mas bro. Oh ya kemarin aku juga ikut nonton sama Friska Widya Raharjo sama Aulia rahman, perasaan kemarin pendaftarannya plus panitianya tuh anak-anak UKSA-387 Universitas Diponegoro (jadi bingung kok diatas gak tercantum ya Mas bro) ….

  2. sedikit koreksi.
    kemarin saya nonton ini acara sebagai peserta dari luar FPIK.
    yang saya sayangkan mengapa yg d cantumkan hanya wwf marine buddies saja,jelas2 yg mengadakan acara UKSA-387 Universitas Diponegoro.
    kasian mereka panitia sudah capek capek bikin acara tp tidak d cantumkan.
    di ilmu yg saya tahu,bila seseorang membuat berita yg di muat di mana pun,harus sesuai dgn konten2 yg telah ada.
    terima kasih.

  3. “…..sebanyak 21 anggota Marine Diving Club (MDC) Jurusan Ilmu kelautan Undip antusias mengikuti kegiatan Nonton Bareng (Nobar) yang diselenggarakan oleh Marinebuddies – WWF Indonesia.”

    kn mustinya : “sebanyak 21 anggota Marine Diving Club (MDC) Jurusan Ilmu kelautan Undip antusias mengikuti kegiatan Nonton Bareng (Nobar) yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Selam-387 (UKSA-387) Universitas Diponegoro, bekerjasama dengan Marinebuddies – WWF Indonesia sebagai narasumber.”

    Biar gak rancu gt aja mksd saya..

  4. Terimaksih banyak atas koreksi, saran, dan keritikanya.
    Mohon maaf atas kesalahan dalam pembuatan artikel ini. ini murni kesalahan dari yang membuat artikel. nanti akan disampaikan, dan sesegera mungkin untuk direvisi.

    Terimakasih…

  5. great event!
    thx to marinebuddies and the committee, UKSA undip who invited us to this event.
    smoga kampanye seperti ini lebih sering dilaksanakan, dan kalo bsa dtmbh lagi hadiahnya.Hahaha

    trims juga atas masukan dan sarannya, kami mengapresiasi setiap comment, saran & kritik yg membangun untuk blog ini.

    salam bahari!

  6. Salam bahari.

  7. maaf sebelumnya…saya rasa komentar yang seperti ini tidak perlu ya : kan jadi lebih bagus artikelnya,mungkin saya yg tidak tau dan hanya jadi perserta.menyayangkan kejadian ini karena tentu panitia yg telah bekerja tuk mengadakan acara ini telah semaksimal mungkin,jadi tentu kita sebagai peserta berterimakasih atas terselenggaranya acara tersebut..
    bagaimana apa bila anda mengadakan suatu acara atau kegiatan diberitakan seperti ini dan tidak dihargai,karna menurut saya ini sama saja anda tidak menghargai panitia acara tersebut..
    kan dari mdc sendiri sudah menulis seperti ini : Terimaksih banyak atas koreksi, saran, dan keritikanya.
    Mohon maaf atas kesalahan dalam pembuatan artikel ini. ini murni kesalahan dari yang membuat artikel. nanti akan disampaikan, dan sesegera mungkin untuk direvisi.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: