Posted by: Marine Diving Club | June 11, 2011

MDC Ikuti Training Public Speaking Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan (HMIK)

Hari Sabtu, 11 Juni 2011 bertempat di gedung Dekanat FPIK lantai 3 Training Public Speaking HMIK dengan tema : “Membentuk Komunikator Handal di Bidang Kelautan” dilaksanakan. Kegiatan ini diikuti baik oleh Mahasiswa Program Studi Oseanografi, Program Studi Ilmu Kelautan, maupun peserta undangan perwakilan dari masing-masing UKK di Jurusan Ilmu Kelautan. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan (HMIK) ini merupakan kegiatan pertama mengenai Training Public Speaking yang dilaksanakan di lingkungan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip. Karena kegiatan ini memiliki peranan penting dalam membentuk kemampuan lain dari seorang mahasiswa yakni dalam bidang kemampuan berbicara di depan umum, maka Marine Diving Club (MDC) pun tidak ketinggalan mengikuti kegiatan ini dengan mengirimkan 3 delegasi peserta Undangan, yakni Ketua MDC baru Irvan Ahmad Fikri, Agus Nurul Komarudin, dan Jenny Adiyaningtiyas.

Acara ini berlangsung menarik dengan dimoderatori oleh mantan orang nomer wahid di Lembaga Kemahasiswaan FPIK (Presiden BEM FPIK 2010/2011) yaitu Panca Dias Purnomo. Diawali dengan game interaktifnya, Panca mencoba memancing  materi yang akan disampaikan  pemateri. Antusias Peserta training terlihat ketika saudara Panca membacakan Curriculum Vitae dari pemateri, yakni Sinta Ardani yang merupakan seorang Trainer, Jurnalis, Penyiar Radio, Presenter Cakra TV, dan Jurnalis Australian MOL.

“Publik speaking adalah proses berbicara kepada sekelompok orang secara sengaja serta ditujukan untuk menginformasikan, mempengaruhi, atau menghibur pendengar. Tujuan utama dari publik speaking dapat dicapai dengan penyampaian informasi dengan sederhana sehingga dapat memotivasi orang untuk bertindak. Publik speaking memiliki beberapa komponen yang berkaitan seperti Motivasi berbicara, kepemimpinan/pengembangan pribadi, bisnis, layanan pelanggan, komunikasi kelompok besar, dan komunikasi massa. Publik Speaking bisa menjadi alat yang jitu jika digunakan untuk keperluan seperti memotivasi, mempengaruh, membujukan, menginformasikan, menterjemah, atau sekedar menghibur. Serta Keberaniaan, kemampuan, dan percara diri merupakan hal yang pertama harus dimiliki seorang komunikator handal”. Itulah diantara materi yang disampaikan oleh Sinta Ardani dengan gaya penyampaian yang menarik dan mudah untuk dipahami oleh masing-masing peserta.

Setelah selesai penyampaian materi, acara selanjutnya adalah simulasi pemaparan dari masi-masing kelompok yang sudah dibagi dengan tema/ materi yang harus disampaikan. Berbagai macam argument serta pendapat disampaikan oleh masing-masing kelompok kemudian kelompok yang lain menyimak yang selanjutnya akan memberikan tanggapan atau pertanyaan terhadap materi yang telah disampaikan. Masing-masing peserta yang berargumen/ berpendapat diberikan nilai oleh pemateri terutama mengenai kemampuan berbicara, penguasaan materi/ gagasan, serta gaya/ gerak tubuh. Pada kesempatan ini, Jenny Adiyaningtyas yang merupakan Delegasi dari MDC dinobatkan sebagai Pemateri yang memiliki karakter gaya penyampaian yang ramah, mudah dipahami, serta jelas dalam setiap gagasan yang disampaikan.

Semoga dengan banyaknya Anggota MDC yang menjadi delegasi dalam berbagai kegiatan/event strategis mampu meningkatkan kemampuan dan keilmuan yang dikuasai oleh masing-masing anggota MDC.

Waspada Dira Anuraga…

Advertisements

Responses

  1. MANTAP JEN! 🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: