Posted by: Marine Diving Club | January 6, 2011

Reef Check Karimunjawa 2010

Keindahan bawah air adalah anugrah dari Tuhan yang harus kita syukuri sekaligus kita jaga kelestariannya. Terumbu karang yang berwarna – warni serta keanekaragaman jenis ikan yang melimpah merupakan bagian kecil dari keindahan bawah air yang dapat kita nikmati. Tidak heran kalau semua keindahan itu dicari para pelancong untuk memuaskan rasa hausnya terhadap keindahnan alam.
Pelestarian terumbu karang adalah tugas semua umat manusia dalam rangka mensyukuri anugrah dari tuhan YME. Salah satu upaya untuk pelestarian ekosistem Terumbu karang yaitu Reef Check degan jalan monitoring terumbu karang secara berkala sehingga pertumbuhan terumbu karang atau kerusakannya dapat terpantau, sehingga dapat dijadikan acuan untuk pengambilan kebijakan kedepannya. Selain itu, Reef Check bertujuan meningkatkan kesadartahuan masyarakat (public awarness) bagi pelestarian terumbu karang, sehingga semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya terumbu karang semakin banyak pula orang yang turut serta dalam kelestarian Terumbu Karang. Reef Check karimunjawa 2010 akan menguak keindahan bawah air beberapa pulau di karimunjawa. Pulau tersebut diantaranya adalah : Pulau Karimun, Pulau Menjangan Besar, Pulau Menjangan Kecil, dan Pulau Cemar Besar.
Semoga dengan adanya artikel ini membuat kita sadar akan pentingnya Terumbu karang dan kita semua menjadi orang yang turut serta dalam upaya pelestarian lingkungan

Pulau Karimun Besar
Pulau karimun Merupakan Pulau yang paling luas diantara pulau di karimunjawa lainnya. Secara geografis pulau ini terletak pada S: 05050’14,2” dan E: 110025’25,2” Pulau ini merupakan salah yatu dari empat pulau yang di tingali oleh manusia. Pulau ini merupakan pusat pemerintahan di Kepulauan Karimunjawa karena terdapat satu satunya kecamatan yaitu Kecamatan Karimunjawa dan Desa Karimunjawa. Pulau Karimun Besar juga merupakan Pusat perdagangan serta pelayaran.
Selain sebagai pusat pemerintahan dan pelayaran Pulau ini juga merupakan Palu yang paling sering dikunjungi wisatawan. Pulau ini mempunyai situs wisata kerohanian setra beberapa tempat memiliki Keindahan bawah air yang luar biasa. Kami akan menguak situs penyelaman yang ada di Pulau ini diantaranya situs penyelaman Tanjung Gelam serta situs penyelaman taka malang.
• Situs Penyelaman Tanjung Gelam
Lokasi penyelaman ini tidak jauh dari lokasi pemukiman jaraknya sekitar 200m dari daratan. Situs penyelaman ini memiliki Keanekaragaman jenis karang yang tinggi akan tetapi beberapa lokasi terjadi kematian karang karena Eutrofikasi (kelebihan Nutrien di perairan). Beberapa jenis karang yang dapat kita lihat disini yaitu katang accrophora sp, porites sp, galaxea sp beberapa ikan yang kita dapat lihat disini yaitu ikan kupu-kupu (chaetodon sp) serta beberapa ikan dari family Pomacentridae.

• Situs Penyelaman Taka Malang
Situs penyelaman ini termasuk dalam zona inti Taman nasional karimunjawa yaitu situs penyelaman yang diperuntukkan hanya untuk pendidikan dan penelitian. Ikan langka masih ditemukan dalam situs penyelaman ini seperti ikan Napoleon (Ceilius Undulatus), Gruper (Epinepelus sp), Snaper (Lutjanus sp) banyak ditemukan disana. Walaupun keanekaragamannya tidak terlalu tinggi tetapi dalam situs penyelaman ini terdapat Sponge yang berukuran raksasa yang ditemukan. Selain itu di Taka malang kita juga banyak menjumpai kima berukuran besar yang hidup di sela karang. Taka malang juga memiliki karang dangkal yang sangat indah yang sangat cocok untuk wisata snorkling.

Pulau Menjangan Besar
Pulau yang terletak diseberang Pulau karimun besar hanya menempuh waktu 5 menit untuk pergi ke pulau ini. Penyu merupakan salah satu biota andalan yang dapat dilihat dipulau ini. Terdapat penangkaran Penyu di pulau ini kalau anda beruntung anda akan menyelam dengan penyu di perairan pulau ini. pulau ini dimanfaatkan masyarakat karimunjawa untuk berbagai macam budidaya seperti Kerapu, rumput laut, dll. Terdapat beberapa resort di bangun di pulau ini salah satu yang terkenal adalah hotel apung yang terdapat Penangkaran hiu didalamnya. Di pulau ini turis dapat merasakan sensasi berenang dengan Hiu.
Pulau menjangan merupakan salah satu pulau yang paling sering dikunjungi wisatawan karena tidak hanya pemandangannya yang bagus juga karena keindahan bawah airnya yang luar biasa. Pulau ini mempunyai karang dangkal ang sangat bagus. Karang yang sering kita jumpai di pulau ini yaitu jenis Acrophora sp yang eksotis dengan berbagai bentuk ada yang berbentuk lembaran, bercabang, atau berbentuk meja. Tidak kalah dengan karang dangkalnya karang dalamnyapun masih sangat terjaga mungkin ini salah satu penyebab penyu betah hidup di perairan ini. Bagusnya karang di perairan ini mengundang berbagai ikan untuk hidup dan mencari makan disini. Kawanan ikan ekor kuning caesio cuning akan menemani anda menyelam selain itu warna-warni ikan Kupu-kupu akan membuat anada betah menyelam di kawasan pulau ini.

Sekian dulu ya…. besok lanjut lagi…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: