Posted by: Marine Diving Club | September 30, 2010

REEFCHECK KARIMUNJAWA 2010

Reef Check merupakan jaringan pemantauan terumbu karang secara sukarela berskala internasional, yang bertujuan meningkatkan kesadartahuan masyarakat umum (public awarness) bagi pelestarian terumbu karang di seluruh dunia. Dalam pelaksanaannya data yang diambil merupakan time series data dari kondisi substrat dasar/karang, ikan karang dan invertebrata indikator, tiga hal tersebut merupakan indikator kesehatan terumbu karang.

Kegiatan ini dikoordinasi oleh MDC sebagai bagian dari Jaringan Kerja Reef Check Indonesia (JKRI), dan dilaksanakan pada tanggal 6 – 11 November 2010 di Kepulauan Karimunjawa, Kab. Jepara, Jawa Tengah. Kegiatan Reef Check Karimunjawa 2010 tahun ini mengagendakan berbagai kegiatan, meliputi Coral Reef Introduction 2010, Launching Reef Check Karimunjawa 2010, Reef Check Karimunjawa 2010, Pemecahan Rekor MURI “Kuliah Bawah Laut”, Pendidikan dan Pelatihan Transplantasi Karang, Sosialisasi Hasil Reef Check Karimunjawa 2010, Penyelaman Bangkai Kapal (wreck dive), Wisata Darat (field trip).

Coral Reef Introduction 2010 merupakan kegiatan pengenalan dan penyuluhan kepada para pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) mengenai pentingnya ekosistem terumbu karang terhadap wilayah perairan laut, yang bertujuan meningkatkan kepedulian pelajar SMA bagi pelestarian terumbu karang di seluruh dunia. Kegiatan ini dijadwalkan pada tanggal 27 September – 9 Oktober 2010 di SMA Negeri maupun Swasta Kota Semarang, Jawa Tengah.

Reef Check Karimunjawa 2010 merupakan rangkaian kegiatan lanjutan dari Reef Check tahun sebelumnya, yang merupakan metode sederhana untuk pemantauan terumbu karang. Kegiatan ini dimaksudkan agar komunitas selam dan masyarakat, pada umumnya, dapat melakukan pemantauan terumbu karang di daerahnya masing-masing. Kegiatan ini dijadwalkan pada tanggal 7 – 8 November 2010, lokasi pendataan diantaranya Perairan Pulau Menjangan Besar, Menjangan Kecil, Cemara Besar, Ujung Gelam dan Taka Malang, Taman Nasional Laut Karimunjawa.

Pemecahan Rekor MURI “Kuliah Bawah Laut” merupakan kegiatan perkuliahan yang dilakukan di bawah laut. Adapun materi yang disampaikan oleh instruktur selam berbasis scientific dive, yaitu pendidikan ekosistem terumbu karang kepada seluruh peserta reef check. Kegiatan ini direncanakan untuk dapat masuk ke dalam Rekor MURI sebagai pemrakarsa kuliah bawah laut untuk pertama kali di Imdonesia, dilaksanakan pada tanggal 9 November 2010 di Perairan Pulau Sambangan, Taman Nasional Laut Karimunjawa.

Pendidikan dan Pelatihan Transplantasi Karang merupakan usaha langsung dalam restorasi dan konservasi terumbu karang, yang bertujuan untuk merehabilitasi terubu karang dan untuk mendukung kegiatan Reef Check Karimunjawa 2010. Kegiatan ini dijadwalkan pada tanggal 9 November 2010 di Pulau Sambangan, Taman Nasional Laut Karimunjawa.

Adapun materi – materinya sebagai berikut :
1. Pengetahuan dasar mengenai biota karang dan karakteristiknya
2. Cara kerja/metode transplantasi karang
3. Pentingnya transplantasi karang dalam usaha restorasi dan konservasi terumbu karang

Sosialisasi Reef Hasil Reef Check Karimunjawa 2010 merupakan sosialisasi dari pendataan Reef Check Karimunjawa 2010, Taman Nasional Laut Karimunjawa dan dikemas dalam diskusi terbuka, yang tertujuan untuk memberitahukan keadaan terumbu karang di Kepulauan Taman Nasional Karimunjawa. Kegiatan ini dijadwalkan pada tanggal 9 November 2010 di Pulau Karimun, Taman Nasional Laut Karimunjawa.

Adapun materi – materinya sebagai berikut :
1. Presentase Penutupan Karang TN Laut Karimunjawa Periode 2010
2. Kelimpahan Ikan Karang TN Laut Karimunjawa Periode 2010
3. Keanekaragaman Invertebrata Indikator TN Laut Karimunjawa Periode 2010

Penyelaman bangkai kapal karam (wreck dive) merupakan kegiatan penyelaman bangkai kapal karam di Kepulauan Karimunjawa, yang bertujuan untuk mengenalkan objek wisata bahari yang mengandung nilai sejarah yang akan dilaksanakan di Perairan Pulau Kumbang, Taman Nasional Laut Karimunjawa pada tanggal 10 November 2010.

Wisata darat (field trip) merupakan kunjungan ke objek wisata darat di Pulau Parang, Kepulauan Karimunjawa, yang bertujuan mengenalkan sisi lain dari Kepulauan Karimunjawa selain wisata bahari itu sendiri. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 10 November 2010.

Kegiatan Reef Check Karimunjawa 2010 dapat diikuti oleh :
1. Komunitas, klub dan organisasi selam seluruh Indonesia
2. Komunitas, klub dan organisasi pecinta alam seluruh Indonesia
3. Perusahaan/instansi terkait
4. Kalangan pelajar SMA dan perguruan tinggi

Download pamflet Reef Check 2010

Advertisements

Responses

  1. TOTALLY AWESOME! n,n


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: