Posted by: Marine Diving Club | August 31, 2010

Apa Sich Pentingnya Terumbu Karang ?

Salam Go Blue…!!

Pernahkah Teman-teman ketika sedang berlibur ke pantai tanpa sengaja membuang sampah plastik, kaleng atau sejenisnya? Atau melihat beberapa nelayan sedang menangkap ikan dengan cara illegal seperti menggunakan bom atau racun? Taukah kawan apa yang kalian serta nelayan itu lakukan dapat merusak salah satu ekosistem yang sangat penting di laut yaitu ekosistem terumbu karang yang seharusnya kita lindungi kelestariannya. Nah, pertanyaannya sekarang mengapa kita harus melindungi dan tidak boleh merusak terumbu karang? Jawabannya adalah

1. Terumbu karang merupakan habitat untuk biota – biota yang berada di laut seperti udang – udang kecil, lobster, ikan karang serta masih banyak lainnya

2. Terumbu karang bisa menyerap karbon yang ada di bumi kita ini. Lha ko’bisa?? Jadi begini ceritanya, Terumbu karang dibentuk oleh yang namanya organisme kecil yang disebut hewan karang (jadi yang bilang karang itu tumbuhan itu salah), hewan karang ini untuk mendapatkan makan selain dari nutrisi yang terdapat di laut juga mendapatkan makanan dari simbionnya yang disebut Zooxanthellae. Zooxanthellae inilah yang menyerap karbon di bumi kemudian dijadikan untuk bahan fotosintesis. Kemudian sebagian hasil fotosintesis zooxanthellae di berikan kepada hewan karang untuk dijadikan bahan makanan.

3. Selain mangrove, karang merupakan salah satu pelindungarea pesisir dan pantai dari ancaman abrasi. Terumbu karang yang berada di kawasan terluar daerah pesisir yang disebut “barrier reef” membentuk suatu “benteng” yang meredam pertama kali ombak besar yang datang dari lautan lepas.

4. Sumber makanan orang banyak. Eits.. jangan salah faham dulu, bukan karangnya yang kita makan. Nah, sudah dijelaskan di atas tadi bahwasanya terumbu karang merupakan tempat tinggal biota – biota laut seperti ikan, udang, lobster, dll. Bahkan 33% dari keseluruhan spesies ikan hidup di ekosistem terumbu karang. Bayangin saja kalau terumbu karang kita banyak yang rusak, anak cucu kita kelak akan susah untuk mendapatkan ikan untuk dikonsumsi dan masih banyak lagi alas an – alasaan lainnya.

Setelah melihat betapa pentingnya peran terumbu karang terhadap Bumi kita, serta kita sendiri masihkah kita tega merusak terumbu karang?? Ayo, marilah kita bersama – sama rapatkan barisan untuk keselamatan terumbu karang kita.

 

Advertisements

Responses

  1. Wah, byk bgt ya ternyata manfaat terumbu karang. Mari sama2 kita jaga terumbu karang kita..

  2. wah … memang keren ya manfaat terumbu karang. berarti terumbu karang harus senantiasa dijaga dan dilesterikan. Thank infonya…

  3. Ayo nulis terus tentang terumbu karang! Salam kenal ya… saya juga suka nulis2 dan nge blog tentang terumbu karang… mampirlah ke blog saya …. ditunggu yah..

  4. wah……….
    bermanfaat bgt


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: