Posted by: Marine Diving Club | August 28, 2010

Sedikit Tentang Diving

Enjoy with dive

Enjoy with dive

Edisi kali ini MDC akan mencoba mengupas sedikit tentang menyelam dan bisa dibilang menyapa kehidupan lain didalam laut. kawan-kawan semua pastinya tau kan apa itu menyelam?, menyelam adalah suatu aktifitas yang dilakukan di dalam air. nah menarik bukan? untuk membutuhkan waktu lama di dalam air tentunya perlu menggunakan alat bantu seperti scuba.

MARINE DIVING CLUB (MDC) merupakan suatu UKK yang berada di jurusan ilmu kelautan yang mana bergerak di dalam bidang selam, nah disini kami menawarkan kepada semua orang untuk mengenal selam lebih jauh di MDC, yang mana selain selam di gunakan untuk rekreasi dan wisata, MDC juga bergerak dalam bidang penyelaman ilmiah atau scientific diving, Underwater Photography, Underwater Vidieography dan masih banyak kajianl lain yang bisa di dapat di MDC kususnya tentang penyelaman.

Menyelam di laut bukan hanya mencari kesenangan saja namun alangkah bijaknya kita sebagai penikmat bawah laut menjaga kelestarian biota yang ada didalam laut. tahukan anda bahwa menyelam merupakan olahraga kedua yang paling berbahaya didunia setelah terjun payung, namun jangan khawatir olahraga ini apabila dilakukan sesuai prosedur dan dibawan panduan intruktur akan aman.

Menyelam atau diving  menawarkan kehidupan bawah air yang menakjubkan dan memacu adrenalin bagi yang mencobanya. Hanya sedikit orang yang pernah merasakan dan secara langsung menyaksikan dan mengalami serta melihat indahnya dunia bawah laut. tentu saja bagi yang pernah mencobanya
tidak akan pernah melupakannya.

menyelam menjadikan aktivitas yang dapat mendekatkan diri dan mencintai alam. menyelam adalah rekreasi dan wisata yang  berwawasan lingkungan.banyak flora dan fauna yang dapat kita temukan didalam laut dapat dilihat dibawah ini :

Anemon fish atau sering disebut Nemo
Anemon fish atau sering disebut Nemo
Penyelam dan Terumbu Karang
Penyelam dan Terumbu Karang

Ekosistem Terumbu Karang
Ekosistem Terumbu Karang

Untuk dapat rnenyelam digunakan 2 cara yaitu snorkeling / skin diving dan scuba diving. Perbedaan antara snorkeling/skin diving adalah:

snorkling : kegiatan ini dilakukan dipermukaan air dan pada kedalaman yang relatif dangkal. untuk snorkling sendiri peralatan yang digunakan biasanya masker, snorkle kemudian fins dan bagi yang belum mahir berenang biasanya menggunakan live vest.

scuba diving : kegiatan ini dilakukan di bawah permukaan laut dengan kedalaman yang lebih dalam serta waktu penyelaman yang lebih lama, tetapi dibutuhkan peralatan pendukung yang lengkap seperti regulator, BCD, tank, dsb. Peralatan tersebut dinamakan SCUBA yang merupakan kepanjangan dan Self Contained Under Water Breathing Apparatus. Untuk menggunakan peralatan tersebut sangat diperlukan pelatihan kusus dibawah panduan instruktur secara langsung.

inilah 2 cara menyelam yang bisa digunakan, jadi kenapa takut untuk mencoba menyapa kehidupan lain di dalam laut?

Ayo! dengan menyelam kita lebih dapat mencintai alam sekitar dan menjaga kelestariannya kususnya di lingkungan laut.

Advertisements

Responses

  1. Thank’s infonya kk semua dari mdc.. Kapan2 coba buat dving atau pling enggk snorkling di kep. Seribu,trutma dpulau tidungnya. Msih sngat biru dan jrnih buat liat ke dasar

    • Terima Kasih Infonya mas Tifan, kapan2 bisa nih kita Diving kesana tapi tolong kita ditunjukkan tempat2 yang menarik dan bagus

  2. wah makasih infonya buat tifan, wah bisa jadi bahan refrensi ni buat diving,yah semoga aja bisa menengok keindahan kep. seribu.

    kapan2 kita bisa joinan bareng buat diving ya! he…

    salam
    Tezar 15

  3. wah… dive site baru tuh.. ayo pada coba.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: