Posted by: Marine Diving Club | December 9, 2009

Scientific Diving : merupakan suatu trobosan baru dalam dunia selam

Scientific Diver merupakan suatu sertifikasi selam yang dirancang dan dibuat sebagai prosedur bagi Penyelam yang memiliki latar belakang akademik untuk mencapai tujuan sebagai penyelam ilmiah. Scientific Diver ini dikeluarkan oleh salah satu Organisasi selam Internasional yaitu Association of Diving School (ADS), yang bertempat di Jepang. sekarang ini Scientific Diver mulai dikembangkan di Dunia namun masih sedikit yang mengetahui maupun menekuni dunia Scientific Diver, di Indonesia Scientifik Diver ini belum dikenal secara luas padahal Indonesia mempunyai wilayah laut yang potensinya belum di gali.

Scientific Diver sendiri sebenernya sudah pernah dirintis di indonesia pada tahun 2004 yang lalu, namun realisasinya belum begitu kelihatan. Pada kesempatan kali ini Marine Diving Club Ilmu Kelautan UNDIP semarang bekerjasama dengan ADS Internasional mengadakan sekaligus merintis Scientific Diver di Indonesia yang belum pernah dilaksanakan, bahkan menurut keterangan dari Instruktur Scientific Diving ADS Internasional, Pusat Organisasi ADS Internasional di jepang mempercayakan Indonesia sebagai penyelenggara pertama untuk merintis Scientific Diving.

Semangat konservasi dan ingin berkembang merupakan salah satu yang mendorong teman-teman Marine Diving Club untuk melaksanakan kegiatan ini.”Kita membutuhkan suatu standar yang sah dan diakui secara internasional dalam melaksanakan pekerjaan kita termasuk dalam pemantauan terhadap terumbu karang ini”. Kegiatan sertifikasi Scientific Diving ini akan di laksanakan pada tanggal 10 Desember 2009, diamana akan diadakan Launching kegiatan Sertifikasi Scientific Diving Di Indonesia bahkan di Dunia. Kemudian akan diteruskan dengan sesi kelas dimana semua peserta akan mendapatkan materi secara teori mengenai Scientific Diving sendiri. Setelah mendapatkan materi di ruangan, selanjutnya akan dilaksanakan simulasi di kolam renang untuk tes kemampuan selam setiap peserta. Kegiatan selanjutnya yaitu kegiatan di laut yang bertempat di Kepulauan Karimunjawa Jepara tepatnya di Pulau Sintok. Acara ini berlangsung dan bersamaan dengan Kegiatan Expedisi Corallium yang dilaksanakan oleh Marine Diving Club juga, Expedisi Corallium juga merupakan salah satu kegiatan penyelaman yang Ilmiah.

Sebanyak sebelas orang peserta akan mengikuti kegiatan ini, dan harapannya sebelas orang yang tersertifikasi ini menjadi pionir untuk mengembangkan scientific dive di Indonesia sehingga pengelolaan terumbu karang yang baik untuk masa depan semakin baik.
Berikut foto-foto awal kegiatan materi klas yang pertama diadakan di semarang.

Gbr 1: diskusi dan menyimak film singkat

Advertisements

Responses

  1. mantab…..

    terus kepakan sayap mu

    • kayak burung aja tal????

  2. Ayoo.. segera aplikasi kan keahliannya! Well done!

  3. fotonya aja yang perlu diperbaiki, bgmana biar kliatan formal gt. Mksh….

    tp mantap bwt MDC..
    salam diver…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: