Posted by: Marine Diving Club | August 27, 2009

Marine Diving Club on Sail Bunaken 2009

Sebelumnya, topik mengenai sail Bunaken tersebut mungkin merupakan topik yang basi untuk di ceritakan sekarang, namun sebenernya ini sudah mau di up date dahulu pas di Manado tapi karena kendala internet(modem) dan perjalanan dari bunaken yang menghabiskan waktu 3 minggu diperjalanan jadi baru di up date sekarang…selamat membaca…

Persiapan berangkat MDC on Sail bunaken

Semangat kemerdekaan pun ter lihat di pantai Malalayang Manado dengan meriah, kenapa tidak untuk menyambut hari ulang tahun RI yang ke 64 tahun tersebut di peringati oleh ribuan orang dan lebih menarik lagi orang yang memperingatinya tersebut merupakan peyelam penyelam yang datang dari seluruh pelosok indonesia bahkan penyelam dari mancanegara.  Selain kegiatan memperingati HUT RI tersebut Indonesia mendapat dan mencetak rekor dunia penyelaman masal terbanyak.

Sebanyak 2.468 penyelam menyelam secara bersamaan untuk memperingati hari kemerdekaan indonesia itu, acara tersebut di siarkan oleh salah satu stasion tv secara live dari dasar laut pantai malalayang tersebut. Untuk penyelamannya dilakukan di kedalaman 18 sampai 20 m, kemudian untuk menghindari kerusakan ekosistem di dalam laut tersebut panitia memilih tempat yang menurut saya sangat baik, dimana substrat yang berpasir dan visibiliti yang bagus.

Juri Guinness Book of Records asal Inggris Lucia Sinigagliesi juga turut menyaksikan pergelaran spektakuler itu. Inspektur upacara adalah Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya Moeklash Sidiq. Adapun komandan upacara adalah Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut Laksamana Pertama Iskandar Sitompul.


Peserta upacara itu antara lain mahasiswa dari Manado dan seluruh klub selam di Tanah Air termasuk didalamnya 15 orang perwakilan dari Marine Diving Club Ilmu Kelautan ikut berpartisipasididalamnya serta TNI Angkatan Laut (AL),Angkatan Darat (AD),Angkatan Udara (AU),Kepolisian Republik Indonesia (Polri) maupun masyarakat umum. Di samping itu terdapat tamu lain yang mengikuti upacara dari kapal dan panggung kehormatan di tepi pantai.Peserta lain adalah marinir asing dari Australia , Inggris, dan Filipina. “Momen ini merupakan suatu momen istimewa bagi Indonesia dan merupakan suatu pengalaman yang sangat berharga bagi hidup saya” tutur Analis Finansi rombongan dari Marine Diving Club (MDC) yang ikut dalam even tersebut.

Para peserta tampak khidmat mengikuti prosesi upacara didasar laut. Inspektur upacara Wakasal Laksamana Madya Moeklash Sidiq merasa bersyukur, pemecahan rekor dunia tersebut berjalan dengan lancar.“Saya bersyukur upaya ini tidak ada hambatan.Satu kebanggaan karena rekor ini tiga kali lipat dari rekor sebelumnya yang diraih Maladewa,” ujar Moeklash.

Ribuan orang memenuhi jalanan pantai Malalayang yang menyaksikan kegiatan terebut, even sail bunaken tersebut memberikan pengakuan dari negara luar terhadap indonesiabahwa indonesia merupakan negara bagari yang sangat besar, selain itu dampak positif lainnya dengan kegiatan ini pariwisata bahari di Indonesia akan semakin ternenal ke seluruh dunia tidak hanya di Bali saja namun banyak tempat wisata bahari yang tersebar di pelosok indonesia, mungkin ini dapat menjadi revrensi bagi pemerintah daerah masing masing untuk menjual potensi wisata baharinya masing masing. Pada kesempatan kami kembali ke penginapan saya sempat menanyai seorang sopir angkot mengenai sail bunaken tersebut “saya sangat senang sekali adanya kegiatan seperti ini, 2 hari terakhir ini saya setiap harinya mendapat 2 kali lipat setoran setiap harinyakarena banyaknya penumpang”. selain itu menurut informasi hampir 1 miliar perputaran uang yang terjadi setiap harinya dan ini merupakan keuntungan yang sangat besar bagi tuan rumah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Mungkin demikian yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini, mungkin tulisan ini dapat membuka inspirasi baru bagi kita semua untuk mengembangkan potensi lautdi daerah kita masing masing.

Salam bahari…Merdeka.

Waspada dira anuraga

Salam

Tiwi_HUMAS MDC

Brikut foto fotonya(yang underwaternya nyusul ya):

rombongan jateng MDC on sail bunaken

Rombongan Jawa tengah

persiapan penyelaman MDC on sail bunaken


Persiapan untuk menyelam

rekor selam (3)

Para penyelam bersiap untuk turun

merdeka...merdeka...

Semangat Penyelam

antusias masyarakat

Antusias masyarakat

Advertisements

Responses

  1. waw…keren banget..semangat dan antusias yang besar sekali semoga pariwisata bahari terutama olahraga selam khususnya selam ilmiah semakin maju dan mendapat banyak perhatian di mata masyarakat luas…amin…

  2. great guys..
    ditunggu foto nya ya ^^

  3. wah bagus nih informasinya, terimakasih ya mas udah sharing sama kita-kita
    jadi tambah ilmu baru nih. yuk kalau ada waktu luang sobat, mampir jalan-jalan ke blog sederhana saya, sekedar silaturahmi [info ternak]

  4. wow this information is great.

    wow nice information about Bunaken Marine national park!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: