Posted by: Marine Diving Club | April 28, 2009

Back Certification dan Reef Chek Pulau Panjang

Team Reef Check P. Panjang
Team Reef Check P. Panjang

Seperti halnya selam, dalam dunia reef check juga dibutuhkan sertikasi. Hal ini dimaksudkan sebagai tahapan seseorang dalam keikutsertaanya dalam reef check. Tidak hanya itu saja setiap jenjang juga mencerminkan kemampuan seseorang. Jenjang tersebut meliputi Dicovery Reef check, EcoDiver, EcoDiver Trainer dan EcoDiver Course Director (Instruktur atau Instruktur Trianer) . Maka untuk mensertifikasi jenjang EcoDiver bagi anggotanya MDC melakukan back certification ini. Leader kali ini dipimpin oleh Andrianus Sembiring. Dengan pengawasan EcoDiver Trainer Aditya Kusuma W dan Ryan Heri P, keduannya merupakan anggota MDC.

Launching Bersama Pembina dan Pihak Kampus
Launching Bersama Pembina dan Pihak Kampus

Pembukaan acara jumat tanggal 24 april, diikuti peserta sebanyak 23 dari anggota MDC yang telah melakukan reef check sebelumnya. Bertempat di PKM UNDIP Tembalang Kegiatan dimulai dengan Diklat Reef Check Identification. Disini peserta diberi pengetahuan ulang tentang indikator dalam Reef Check Survey. Kemudian dilanjutkan Tes Kemampuan Identifikasi. 90 % peserta berhasil mendapatkan 3 star. Berarti setiap orang mampu mengidentifikasi 3 indikator , yaitu substrat, Invert dan Fish.

Minggu pagi 26 april acara dilanjutkan dengan reef check survay. Pulau panjang menjadi sasaran lokasi kegiatan ini. Selain sebagai simulasi lokasi ini juga dijadikan site baru Reef Check oleh MDC. Site penyelaman berada di sisi selatan pulau panjang. Kenapa pulau panjang dianggap penting, Karena di pulau ini mengalami tekanan yang besar dari aktifitas manusia. Meliputi penangkapan, wisata maupun jalur pelayaran keluar masuk Kab. Jepara. Sekilas dari survay pulau Panjang mengalami tekanan akibat aktifitas manusia. Apalagi ditambah oleh asupan sedimentasi dari pulau Jawa. Dampak yang lumrah terjadi pastilah eutrofikasi perairan. Dibuktikan dengan kelimpahan NIA (Nutrien Makro alga) dan Diadema urchin.

Lebih dari satu dekade MDC sebagai penyelenggara reef check Karimunjawa. Sepanjang waktu tersebut sudah banyak muncul reef checker baru tiap tahunnya. Sumberdaya yang telah ada ini kemudian dikembangkan lagi dengan diadakannya Back Certification Reef Check ecodiver. Dan Sekarang MDC sudah bisa mengadakan Reef Check ecodiver Back Certification. Diharapkan nantinya akan muncul site Reef Check baru di Indonesia khususnya Jawa Tengah dan DIY. MDC membuka kerjasama bagi teman – teman penyelam untuk memperluas jaringan kerjasama ini. Sebagai langkah nyata kepedulian kita terhadap ekosistem terumbu karang.

Diklat Reef Check
Diklat Reef Check
angkut alat
angkut alat
persiapan berangkat ke P. Panjang
persiapan berangkat ke P. Panjang
Lets dive...Reef Checker
Lets dive…Reef Checker
misi selesai
misi selesai

Advertisements

Responses

  1. kalo mo sertifikasi reffcheck eco diver berapa biayanya? kapan diadakan? thx


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: