Posted by: Marine Diving Club | April 18, 2008

Diving?! Konservasi?! Apa Hubungannya Sih?!

Aktivitas diving (menyelam) erat kaitannya dengan segala kegiatan yang dilakukan di bawah air (underwater). Meliputi segala aspek penyelaman yang terkait satu dengan yang lain. Mulai dari diver (penyelam), peralatan yang digunakan, aspek fisika penyelaman, lingkungan penyelaman dan lain-lain. Diving sendiri memiliki berbagai tujuan, di antaranya fun (wisata),  penyelamatan/SAR (Search and Rescue), pengangkatan bangkai kapal, pencarian dan pengangkatan harta karun dan diving untuk tujuan konservasi. Dalam uraian singkat berikut mari kita pelajari lebih lanjut mengenai diving untuk tujuan konservasi.

Sesuai dengan pengertian konservasi yaitu kegiatan yang memiliki upaya terhadap adanya penyelamatan dan perlindungan terhadap kondisi lingkungan, maka diving dengan tujuan untuk konservasi lebih dikhususkan untuk kegiatan penyelaman yang dilakukan dalam upaya penyelamatan dan perlindungan terhadap ekosistem bawah air (underwater). Misalnya terumbu karang dan ikan karang. Saat kita menyelam dengan menggunakan SCUBA, kita akan berinteraksi langsung dengan kondisi lingkungan underwater. Menyelam dengan aman berarti mengikuti segala prosedur mengenai selam dengan seksama. Aman disini ditujukan untuk diri penyelam itu sendiri dan aman bagi lingkungan selam, dalam artian lingkungan yang dijadikan tempat untuk menyelam harus juga dijaga keselamatannya. Jangan sampai kita menyelam tetapi malah menjadi salah satu penyebab kerusakan terumbu karang, misalnya dengan buoyancy yang tidak sempurna, penerapan pre safety dive (persiapan sebelum masuk ke dalam air) yang tidak benar. Daya apung (buoyancy) yang kurang sempurna  menimbulkan resiko pematahan karang secara langsung apabila lokasi entry berada pada daerah rapatan terumbu. Penerapan pre safety dive yang kurang benar juga menyebabkan pada saat menyelam diver panik dan kurang memperhatikan kondisi lingkungan, pressure gauge yang lupa tidak dimasukkan ke dalam BC juga berpotensi untuk mengait pada batang karang Acropora dan mematahkan karang. Oleh karena itu sungguh sangat penting bagi diver (dengan tujuan fun sekalipun) untuk memperhatikan segala aspek yang penting sebelum melakukan penyelaman yaitu membekali diri dengan skill buoyancy yang bagus, melakukan pre safety dive yang benar, dan mempelajari lingkungan penyelaman yang akan diselami.

Apabila kesemuanya itu telah dipahami dengan baik, upaya konservasi berikutnya adalah dengan mempelajari ekosistem terumbu karang dan ikan karang yang ada di bawah air. Tentu akan lebih menyenangkan apabila kita mengetahui jenis karang dan jenis ikan karang pada saat kita menyelam. Di Marine Diving Club (MDC) hal ini dilakukan dan dikembangkan ke arah scientific. Setiap anggota MDC dibekali dengan kemampuan untuk melakukan identifikasi terhadap terumbu karang dan ikan karang. Sehingga mereka mampu melakukan pendataan terhadap kondisi terumbu karang sesuai dengan prosedur (apakah itu Reef Check dengan metode point transect maupun Corallium dengan metode Line Intersept Transect (LIT)) dan mengolah data hasil pendataan untuk sampai pada suatu kesimpulan, seperti apakah kondisi lingkungan penyelaman tersebut.

Karena begitu pentingnya menjaga kondisi ekosistem bawah air bagi biota laut maupun bagi manusia, maka marilah kita menyelam dengan aman, mari menyelam dengan memperhatikan kondisi lingkungan, mari kita menyelam dengan memberikan kontribusi bagi lingkungan, dan mari menyelam bersama MARINE DIVING CLUB.  (Mustofa_XII)

Advertisements

Responses

  1. Artikel di blog ini sangat bagus dan berguna bagi para pembaca. Agar lebih populer, Anda bisa mempromosikan artikel Anda di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Telah tersediaa plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
    http://infogue.com/l
    http://infogue.com/lingkungan/diving_konservasi_apa_hubungannya_sih_/

  2. buat admin web mdc gw numpang klarifikasi, gw harry yg sbnarnya..hari ini 21 April gw dpt info dr bung Adian Andi, yg kata nya ada yg mengaku2 menjadi gw di web ini.

    kalo ada commnet atas nama tensho atau harry smua itu palsu..ini harry yg sebenarnya…dan ga bermaksdud apa2..

    gw jg ga tau pelaku udah memfitnah gw di blog apa aja..tp yg udah ketemu diblog ini:
    http://isinmawa.wordpress.com/2008/01/29/tips-menghilangkan-stress/
    http://sibayou.wordpress.com/2006/07/17/tips-menghilangkan-stress/

    semoga dapat diambil hikmah nya atas kejadian ini..

  3. yup.. thanx uda meluruskan semua masalah yang ada.. mari kita ambil hikmah dari kejadian ini.. salam..

  4. Weleh2.. uda 10 hr lebih ga ada pembaharuan.. ayo di-update dunk.. kan ada banyak berita di MDC.. atau kalo ga’ posting artikel yang menarik.. Ayo semangaaatt..!! :p

  5. thanks banget arikelnya…
    ini buwat tugas paper MDC.. pengen banget nih ktrima

  6. sukses buat MDC
    menurutku sih kegiatan-kegiatan MDC
    sudah lebih bagus dan aku harapkan untuk lebih go internasional lagi.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: