Posted by: Marine Diving Club | April 7, 2008

Pantaskah Website/Blog-ku Dikunjungi?!

Membuat website atau blog bagi kebanyakan orang bukan lagi sesuatu yang susah. Saat ini banyak sekali software yang bisa digunakan untuk membuat website beserta desain-nya. Free webhosting juga bertebaran dimana-mana dengan kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Bahkan, yang tidak paham dengan bahasa HTML, ASP ataupun PHP dll, dapat dengan mudah membuat tulisan (posting) di blog-blog gratisan seperti Blogger.com ataupun WordPress.com. Hebatnya lagi, sekarang membuat website sudah menjadi sesuatu yang sangat menarik dengan hadirnya program-program OpenSource CMS (Content Management System) seperti: Joomla!, PHPNuke, AuraCMS, Drupal, PHPFusion, DEV WMS, WordPress dll, di mana kita bisa dengan mudah membuat website dinamis hanya dengan sedikit pengetahuan dalam html (dan php, atau bagus lagi paham database/MySQL).

Lain lagi persoalannya dengan menarik pengunjung. Masalah ini bukanlah sesuatu yang mudah dipecahkan. Pada kenyataannya, nama domain atau bahkan fitur yang terdapat pada website/blog kita bukan suatu jaminan bahwa website/blog kita bakal didatangi pengunjung, apalagi berkunjung untuk kedua kalinya. Secara tidak langsung, pengunjug-lah yang menentukan layak tidaknya sebuah website/blog untuk dikunjungi. Trus gimana caranya agar website/blog kita layak untuk dikunjungi? Di sini saya tidak ingin menggurui teman-teman.. saya hanya ingin berbagi pengalaman gimana caranya agar website/blog kita disukai pengunjung (syukur-syukur bisa masuk Search Engine dan memiliki PageRank yang lumayan, hee..heee.. itu sih belakangan.. yang penting gimana karya kita nantinya bakal diterima masyarakat luas). Mungkin saja pengalaman saya ini berbeda dengan pengalaman teman-teman, maka dari itu yang punya ide kreatif atau saran lain silakan posting di comment.

Selain nama domain yang unik dan desain yang menarik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar pengunjung tertarik dan bahkan mo balik lagi mengunjungi website/blog:

1. Keunikan tema/niche

Jika karya Anda bukan sebuah website/blog komunitas, buatlah tema yang menarik atau unik (niche), di mana tema tersebut disukai oleh banyak orang. Mungkin Anda bisa memulai dengan hobi Anda atau sesuatu yang Anda minati, misalnya: web design, olah raga, musik dll.

2. Keaslian

Sesuatu yang asli dan berbeda akan menjadi daya tarik tersendiri bagi calon visitor. Content yang asli dari pemikiran Anda tentu jauh lebih baik daripada Anda comot sana comot sini (sah-sah aja sih..ga dilarang kok..!!). Kalau pun Anda terpaksa meng-copy artikel orang lain, jangan lupa untuk selalu mencantumkan sumber aslinya. Dengan menghormati hak cipta orang lain, maka karya kita (insya Allah) juga akan dihargai.

3. Sering di-update

Tidak harus seperti minum obat (3 kali sehari), tetapi setidaknya seminggu sekali (syukur-syukur bisa 2 atau 3 kali) website/blog kita update. Bayangin aja kalau content-nya ga pernah berubah (coba aja tiap hari makan tempe sama sayur bayam 3 kali sehari, setiap hari..) kira-kira bosan ga?!. Sebagai info aja, mBah Google! sayang banget sama web/blog yang sering di-update.. jadi, jangan pernah berharap masuk 10 besar halaman pertama Search Engine-nya Google! kalo blog kamu ga pernah di-update..!!

4. Berikan bonus

Tentu saja bonus yang dimaksud adalah sesuatu yang menarik dan bermanfaat. Beri saja sesuatu yang murah tapi tidak murahan, sesuatu yang gratis (download gratis) namun mempunyai manfaat, seperti halnya: e-book tutorial, atau tips-tips yang menarik, ringtone gratis (pulsa atau hape gratis juga boleh, hee..hee..) atau apa aja yang kira-kira berguna bagi banyak orang.

5. Blogwalking dan baclink

Ucapkan terimakasih kepada pengunjung dan berikan respon kepada pengunjung yang ngasih comment. Sekali-kali boleh lah (makin sering juga makin bagus kok..) jalan-jalan menengok blog/website orang lain (blogwalking) sekaligus ninggalin comment. Itung-itung cari backlink gratis. Kok bisa?! Yup.., dengan ninggalin comment di website/blog orang lain, otomatis alamat website/blog kita bakal kena backlink (secara gratis bin cuma-cuma..). Kalau ga percaya, coba aja kasih comment di bawah artikel ini..!!. Selain itu, kita harus punya cara berpikir yang realitis, logikanya begini.., bagaimana mungkin orang akan datang ke rumah kita kalau kita ga pernah berkunjung ke rumahnya, atau ngasih alamat rumah kita ke dia, atau ngasih undangan makan-makan (kecuali kalau dia sedang butuh kita dan dia tau kalo kita bisa membantunya, atau kita memiliki sesuatu yang dia butuhkan.. mungkin kamu punya adik atau kakak perempuan yang cuuantik dan seksi ..).

6. Berdoa dan berusaha

Jangan pernah menyerah untuk selalu berusaha sembari berdoa, karena usaha tanpa doa adalah sombong, sedangkan doa tanpa usaha adalah bohong.. Ingat: Tuhan (bahkan semua manusia normal dan baik hati) tidak menyukai manusia yang sombong dan suka bohong (kata Melisa, si penyanyi cilik era awal 90-an: “Kalo bohooong.. digigit kambing ompooong..!”, Mau..?!)

Penulis: Teguh Tri Susilo – tetriz, pengelola Blog Komunitas Sragen
(Google! keyword: komunitas sragen)

Advertisements

Responses

  1. Boleh juga nich… terutama soal minum obat itu lhoo… Kalau bisa sich tidak hanya seperti minum obat khan… kaya shalat fardu boleh juga lho… asal kita sajikan hal yang menarik

  2. Nunut.. baclink mas.. heee:)
    btw, bagus juga artikelnya mas ..

  3. perlu belajar lagi ih

  4. bener itu mass..dimanapun dan kapanpun kalau mau hidup senang ya banyak silaturahmi..kunjungilah kawan kawanmu sesering mungkin dan berceritalah mengenai masa kini dan masa depan..
    salut untuk sarannya..
    thanks

  5. saya sangat terkesan dengan tips”nya..
    terimakasih banyak ya mas.

    salam kenal sebelumnya.

  6. sangat bagus sekali masukkannya mas…kalau kita pengen dikenal kita juga seharusnya kenal sama orang lain…

  7. Boleh juga….saran yg bagus..backlink


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: