Posted by: Marine Diving Club | April 5, 2008

MDC in Deep Indonesia 2008

Tim MDC (Marine Diving Club) – Ilmu Kelautan Undip yang berangkat pada acara Deep Indonesia kali ini yaitu Angka, Galdi (angkt XIV) serta Ayu dan Huda (angkt XIII). Berangkat pada hari Kamis, 27 Maret 2008 pada pukul 21.00 WIB dari stasiun Poncol Semarang. Tiba di stasiun Tanah Abang Jakarta pada Jum’at, 28 Maret 2008 pukul 05.30 WIB.

 

Sesampainya di Jakarta kami bersih-bersih diri dan langsung mempersiapkan diri menuju JCC (Jakarta Convention Center) untuk menghadiri Deep Indonesia 2008 yang dibuka pada jam 09.00 WIB dan tutup pada pukul 20.00 WIB. Selama acara pembukaan berlangsung, kami membantu tim dari Teupin Layeu View Sabang NAD dan Yayasan Reef Check Indonesia (YRCI) dalam mempersiapkan stand sehingga kami tidak mengikuti acara pembukaan Deep Indonesia 2008 ini.

Pada hari pertama kami bertemu beberapa pejabat maupun artis-artis yang berperan secara langsung maupun tidak langsung dalam bidang maritime di Indonesia. Disini kami membantu dalam mempromosikan program Reef Check atau pemantauan terumbu karang di Indonesia. Ternyata tidak sedikit yang berminat dalam masalah terumbu karang di Indonesia ini. Banyak dari mahasiswa, media maupun pejabat instansi yang tertarik dan tidak hanya masyarakat Indonesia saja tetapi ada juga warga asing yang tertarik dalam hal ini.

Pada hari kedua, tim kami mengeluarkan kaos-kaos yang telah kami buat untuk dijual sebagai dana usaha untuk Reef Check Karimunjawa tahun ini dan tidak kami sangka ternyata kaos-kaos kami laris dan langsung habis dalam sekejap. Momen ini kami gunakan untuk lebih mempromosikan dan mengajak massa untuk mengikuti Reef Check karimunjawa tahun ini. Beberapa dari mereka pernah mendengar dan tahu tentang Reef Check yang diadakan di Kepulauan Karimunjawa tetapi tidak tahu bagaimana cara mengikuti dan harus menghubungi kemana. Disini, kami memberitahu mereka contact person, persyaratan untuk mengikuti Reef Check maupun budget Reef Check tahun lalu. Ada beberapa mahasiswa dari Universitas Maranata Bandung yang berminat untuk melakukan Reef Check sendiri dan untuk informasi tentang hal tersebut mereka diberi informasi lebih lanjut oleh mbak Pariama Hutasoit dari YRCI.

Tahun 2008 ini ada program IYOR (International Year Of Reef) dari Reef Check Network. Untuk memfasilitasi masyarakat pecinta laut yang ingin berbagi berita, pengalaman maupun foto dibentuklah satu web beralamat di http://goblue.or.id sehingga siapa pun dapat berkomunikasi maupun mengenal satu dengan yang lain. Meskipun begitu, berita yang akan kita upload tidak akan tersebar secara langsung tetapi akan di filter terlebih dahulu untuk mencegah berita-berita yang tidak ada kaitannya dengan pesisir dan kelautan Indonesia. Setelah 6 jam dari upload berita, secara otomatis berita yang telah kita masukkan akan menyebar dari web ini. Untuk dapat memasukkan berita, share pengalaman maupun foto, kita harus menjadi member terlebih dahulu dengan membuka Blue Trendsetter dan tidak dipungut biaya. Dengan begitu siapa pun dapat meramaikan bidang kelautan di Indonesia. Web ini baru akan online pada pertengahan April 2008.

Hari ketiga MDC in Deep Indonesia 2008, kami lebih banyak berjalan menuju stand yang sekiranya mau dan dapat bekerjasama dalam Reef Check Karimunjawa tahun ini. Kami berjalan mempromosikan produk yang kami buat. Tidak hanya ke instansi terkait tetapi juga ke klub selam maupun dive center yang ada. Kami melakukan hal ini karena adanya saran dari Pak Steven dari Disparta Jateng yang kebetulan bertemu pada hari pertama. Tetapi disini kami hanya bisa bertanya dan mempromosikan saja. Kami tidak dapat bertindak jauh karena kami tidak membawa proposal untuk diberikan kepada mereka yang bersangkutan.

Di hari ketiga ini kami juga membeli barang-barang kebutuhan selam yang harus kami lengkapi untuk memperbaiki yang telah rusak.

Maap nih, fotonya ga bisa ditampilin karena “terinfeksi” ViTa (baca: Virus Tati) dan belum bisa diobati.

By Ayu, Huda, Angka & Galdi

Advertisements

Responses

  1. Senang mendengar MDC ikt aktif dalam even selam ini dan bisa mendapat update nya.
    Next even semoga bisa punya display sendiri dan mampu menunjukkan kontribusi MDC dalam memajukan selam dan konservasi laut di tanah air.
    Sayang, rencana ke even ini tidak dari awal disampaikan. Kecewa juga tidak ketemu temen2 MDC di acara tersebut.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: